Kamis, 12 Juni 2008

FILOSOFI PENDIDIKAN

Dasar Filosofi

Perennialism

realis

Essentialism

Ideialis,Realis

Progressivism

progmatis

Reconstuctivism

progmatis

Tujuan

Mengembangkan pola pikir yang rasional

Meningkatkan dan mewujudkan peserta didik yang cacao dan tarampil,dinamis,kreatif dan inovatif

Meningkatkan kegotong royongan dan kekeluargaan agar tercapainya kedamaian

Meningkatkan dan membangun solidaritas dan tenggang rasa dalam masyarakat

pengetahuan

Dari luar,praktikum berpusat dari mata pelajaran dan slalu dinamis

Keterampilan akademik dalam menuntaskan belajar,melihat pada nilai kongnitif,apektif dan psikomotor

Kurikulum yang berpusat pada pola piker sehingga aktif dan relevan

Berdiskusi antar peserta didik dan persentasi untuk ,emecahkan suatu masalah

Nilai

Berdasarkan kemapuan siswa ,nyata tidak dimanupulasi

Membantu peserta didik berpikir secara kritis

Peserta didik aktif dalam proses belajar dan memahami hal-hal yang nyata

Peserta didik adalah masa depan bangsa untuk meninkatkan kualitas dan kemampuan masyarakat

kurikulum

Berpusat pada silabus yang ada dan sesui dengan kurikilum yang berlaku

Teori tanpa paraktik saling berkaitan tanpa itu semua tidak kompeten

Kurikulum merupakan suatu pegangan dalam pembelajaran

Kurikulum adalah suatu system dalam proses pembelajaran

metode

Guru kompten dan pola piker intelektual

Membuat konsep yang sesuai dengan kurikulum,meningkatan kteativitas peserta didiknya

Banyak kegiatan focus terhadap kebutuhan siswa dan saling kerja sama antara pengajar peserta didik

Memperbaiki pendidikan dengan pola pikir yang kritis dan intelektual

Pola pikir besar/ahli

John dway, charles silberman, john holt, paul goodman

Alvin Toffler, Mario Fantini, Paulo freire

Tidak ada komentar: