Dasar Filosofi | Perennialism realis | Essentialism Ideialis,Realis | Progressivism progmatis | Reconstuctivism progmatis |
Tujuan | Mengembangkan pola pikir yang rasional | Meningkatkan dan mewujudkan peserta didik yang cacao dan tarampil,dinamis,kreatif dan inovatif | Meningkatkan kegotong royongan dan kekeluargaan agar tercapainya kedamaian | Meningkatkan dan membangun solidaritas dan tenggang rasa dalam masyarakat |
pengetahuan | Dari luar,praktikum berpusat dari mata pelajaran dan slalu dinamis | Keterampilan akademik dalam menuntaskan belajar,melihat pada nilai kongnitif,apektif dan psikomotor | Kurikulum yang berpusat pada pola piker sehingga aktif dan relevan | Berdiskusi antar peserta didik dan persentasi untuk ,emecahkan suatu masalah |
Nilai | Berdasarkan kemapuan siswa ,nyata tidak dimanupulasi | Membantu peserta didik berpikir secara kritis | Peserta didik aktif dalam proses belajar dan memahami hal-hal yang nyata | Peserta didik adalah masa depan bangsa untuk meninkatkan kualitas dan kemampuan masyarakat |
kurikulum | Berpusat pada silabus yang ada dan sesui dengan kurikilum yang berlaku | Teori tanpa paraktik saling berkaitan tanpa itu semua tidak kompeten | Kurikulum merupakan suatu pegangan dalam pembelajaran | Kurikulum adalah suatu system dalam proses pembelajaran |
metode | Guru kompten dan pola piker intelektual | Membuat konsep yang sesuai dengan kurikulum,meningkatan kteativitas peserta didiknya | Banyak kegiatan focus terhadap kebutuhan siswa dan saling kerja sama antara pengajar peserta didik | Memperbaiki pendidikan dengan pola pikir yang kritis dan intelektual |
Pola pikir besar/ahli | John dway, charles silberman, john holt, paul goodman | Alvin Toffler, Mario Fantini, Paulo freire |
Kamis, 12 Juni 2008
FILOSOFI PENDIDIKAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar